MEKANISME AC MOBIL
Jalan - jalan ke Semarang pake mobil yang ga ber AC??? Pasti menderita pake banget tuh, mobil di zaman ini sudah dibekali AC dari pabriknya. Tahukah anda apa kepanjangan dari AC??? AC adalah kepanjangan dari Air Conditioner. AC dapat membuat temperatur udara kita sejuk walaupun pada saat yang panas sekalipun. tapi sayangnya banyak pemilik mobil yang kurang mengerti tentang AC.
Dan melalui blog ini saya akan menjelaskan secara singkat mekanisme AC (Air Conditioner) dalam mobil.
GAMBAR MEKANISME AC MOBIL
KETERANGAN
A. Kompresor
B. Kondensor
C. Filter Drier
D. Expansion valve
E. Evaporator
F. Motor blower
G. Motor fan
FUNGSI KOMPONEN KOMPONEN DALAM AC MOBIL
Freon
Freon adalah cairan pendingin pada AC. Rumus kimianya adalah CFC (Chlor Fuoro Carbon)
Berfungsi untuk mengubah cairan freon menjadi gas dingin. Di perangkat inilah proses pendinginan cairan freon berlangsung.
Dryer
Alat yang bentuknya seperti tabung berfungsi sebagai tempat menyimpan freon sementara setelah dicairkan oleh kondensor untuk kemudian disuplai ke evaporator. Fungsi lainnya adalah sebagai penyaring kotoran dalam sistem sirkulasi AC.
Expansion Valve / Katup Ekspansi
Fungsinya adalah untuk menyemprot cairan freon dari dryer ke evaporator dengan temperatur dan tekanan yang rendah.
Kondensor
Komponen ini fungsinya untuk mengubah freon menjadi cairan yang bertekanan tinggi dan bertemperatur tinggi.
Kipas Kondensor
Komponen ini sebagai pendingin kondensor karena refrigerant di
dalamnya yang panas. Kipas ini pada beberapa mobil biasanya menyatu
dengan kipas pendingin mesin. Kerusakan yang timbul biasanya putaran
kipas lemah penyebabnya bisa karena sistem kelistrikan AC atau motor
listriknya sudah lemah.
Kompresor
Fungsinya untuk menekan cairan freon ke kondensor. Kompresor bisa mengalami kerusakan karena umur misalnya kebocoran, magnet sudah lemah & berkurangnya oli dalam kompresor. Jika terjadi kerusakan biasanya akan terdengar suara berisik saat AC dinyalakan.
Cara Kerja AC Mobil
- Freon dari dryer disemprotkan oleh expansion valve ke kompresor
- Kompesor > freon masuk : berupa gas yang suhu dan tekananya rendah >> keluar : berupa gas yang suhu dan tekananya tinggi
- Kondensor > masuk : berupa gas yang suhu dan tekananya tinggi >> keluar : berupa cairan tak sempurna yang suhu dan tekanannya tinggi
- Receiver drier > masuk :berupa cairan tak sempurna yang suhu dan tekanannya tinggi >> keluar :berupa cairan sempurna yang suhu dan tekanannya tinggi
- Expansion valve > masuk : berupa cairan sempurna yang suhu dan tekanannya tinggi >> keluar :berupa kabut yang disemprotkan dimana suhu dan tekanannya rendah
- Evaporator > masuk :berupa kabut yang menguap dimana suhu dan tekanannya rendah >> keluar :berupa gas yang suhu dan tekanannya rendah
Berikut adalah gambar skema kerja AC mobil
Dibawah ini adalah animasi dari mekanisme sistem AC
Berikut akan saya ambilkan video tentang mekanisme AC mobil dari You Tube agar anda semua mengerti dengan jelas bagaimana proses AC.
Video diatas adalah video dari DENSO Air Conditioner
Video di atas adalah mekanisme kerjanya secara rinci
Tips Supaya Ac Mobil Tetap Dingin
Tips Cara Merawat AC dari http://www.otoqita.com
1. Ketika Cuci mobil, jangan lupa bersihkan kondensor dari debu yang menempel dipermukaan kondensor dengan semprotan air.
2. Menjaga kebersihan kabin dari debu-debu dan pasir yang biasanya suka bersenbunyi dibawah jok, dibawah karpet, konsol box dengan cara rajin vacuum. Agar debu tidak terhisap oleh blower ac dan masuk ke Evaporator.
3. Pasang filter kabin untuk menyaring debu dan kotoran agar Evaporator ac tidak cepat kotor.
4. Periksa filter kabin dan bersihkan setiap service dengan cara disemprot angin atau vacuum atau pun ganti yang baru. Untuk filter kabin biasanya terletak diatas blower, silakan lihat contohnya
5. Cek putaran extra fan jika mobil menggunakan extra fan, extra fan atau kipas kondensor akan berputar membuang panas kondensor saat ac hidup.
6. Kurangi terlalu sering menggunakan sirkulasi udara luar, agar debu-debu dari luar tidak masuk ke kabin.
7. Kurangi merokok atau tidak merokok saat ac mobil sedang dihidupkan, agar asap tidak masuk ke Evaporator.
8. Hindari menggantung parfum yang tajam didekat putaran blower ac atau pun menaruh parfum di grill ac.
9. Terkadang kita enggan melakukan perawatan terhadap ac mobil, biasanya hanya jika ac mobil sudah mulai bermasalah melakukan perbaikan, hal itu memang tidak bisa dipungkiri mungkin ada hal yang lebih penting, tapi setidaknya periksa filter kabin sebulan atau dua bulan sekali atau setiap service.
10.Perhatikan rpm mesin saat ac hidup,
KONVENSI ENERGI
Energi Kimia(FREON) - Energi Panas(Compressor) - Energi Gerak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar